Jeruk Siam Pontianak

Jeruk Siam Pontianak di Batang

Jeruk Siam Pontianak (Citrus Nobilis Lour) merupakan dari sekian banyak varietas jeruk yang sudah dikenal dan dibudidayakan jeruk siam pontianak merupakan salah satu jeruk yang dikenal.

Jeruk Siam mempunyai ciri khas: kulit buahnya tipis (sekitar 2 mm), permukaanya halus, licin mengkilap dan menempel lekat pada daging buahnya. Dasar buahnya berleher pendek dengan puncak berlekuk.

Tangkai buahnya pendek dengan panjang sekitar 3 cm dan berdiameter 2,6 mm. Biji buahnya berbentuk ovoid, warnanya putih kekuningan dengan ukuran sekitar 0,9 cm x 0,6 cm, dan jumlah biji per buahnya sekitar 20 biji. Daging buahnya lunak dengan rasa manis dan harum.

Lebih menarik lagi, produksi buahnya cukup lebat dengan berat per buah sekitar 75,6 gram. Satu pohon rata-rata dapat menghasilkan sekitar 7,3 kg buah. Umumnya sudah dapat dipanen pada bulan Mei–Agustus.

Kondisi pertumbuhan tanaman jeruk adalah pada iklim subtropika, dengan suhu rata-rata 20oC, dimana pertumbuhannya memerlukan banyak sinar matahari dan cukup air tanah atau air pengairan.

Curah hujan yang dibutuhkan agak tinggi atau termasuk iklim basah. Kelembaban udara antara 50-85%. Pada kebun jeruk yang berhawa lembab mengakibatkan penguapan air dari buah rendah, hal ini menyebabkan buah berkulit tipis, daging buah halus, air buah lebih banyak dan rasanya lebih enak.

Kerja sama

Bagi Anda yang ingin diskusi, konsultansi hingga bekerja sama, atau bahkan sekedar ngopi, hubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain

Jeruk RGL Batang

Jeruk Varietas RGL di Batang

Jeruk RGL merupakan hasil persilangan jeruk manis (Citrus sinensis Osbeck) dan jeruk keprok (Citrus reticulta Blanco). Jeruk RGL singkatan dari Rimau Gerba Lebong berasal dari

Jeruk Terigas Batang
Jeruk Terigas

Jeruk Keprok Terigas di Batang

Jeruk Terigas mempunyai keunggulan akan cita rasa yang manis dan segar. Orang sering menyebutnya dengan keprok madu karena rasanya seperti madu apabila sudah benar benar

%d bloggers like this: